Monday, January 2, 2012

Kronologi Kehidupan Muhammad SAW

- 569 M      Meninggalnya Abdullah di yastrib
- 570 M      Lahirnya baginda Rasul SAW dan gagalnya Abrahah menghancurkan ka'bah.
- 576 M      Ibunya Aminah meninggal di Abwa ( tempat antara mekah dan madinah ), di saat perjalanan pulang menuju makkah setelah ziarah kemaqam Abdullah di Yastrib. ketika itu Rasul masih berumur 6 tahun.
- 578 M      Meninggalnya Abdul Muthalib kakek beliau. beliau masih berumur 8 tahun.
- 583 M      Perjalan dagang ke syam bersama Abu thalib paman beliau, ketika itu umur beliau 13 tahun.
- 595 M      Menikah dengan Khadijah binti Khuwailid.Saat itu umur beliau 25 tahun.
- 611 M      Diangakat nya menjadi Nabi dan Rasul
- 613 M      Da'wah dengan terang-terangan
- 615 M      Memerintahkan para sahabat beliau untuk hijrah ke habsyah (Ethopia sekarang)
- 617 M      Puncak kemarahan Quraisy terhadap Muhammad SAW, dan memerintahkan kepada penduduk Makkah untuk memboikot Bani hasyim.

- 620 M      Akhir dari pemboikotan tehadap bani Hasyim - Meninggalnya paman beliau Abu Thalib dan Istri beliau Khadijah Radhiallahu anha- Peristiwa Isra dan Mi'raj.
- 621 M     Baitu Al-Aqabah pertama dengan melibatkan 12 orang penduduk yastrib.
- 622 M     Baitu Al-Aqabah kedua- Hijrah ke yastrib.
- 624 M     Peristiwa badar. Perang terbuka pertama dalam Islam, yaitu pada tanggal 17 ramadhan 2 H / 17 maret 624 M. Terjadi di tempat peristirahatan kafilah dagang makkah dari syam, yaitu badar ( dinisbahkan kepada nama sumur didekat sana)-Pengusiran Bani Qainuqa (salah satu dari tiga suku yahudi yang mendiami yastrib jauh sebelum datangnya islam), pengusiran ini dikarenakan pelecehan terhadap muslimah yang dilakukan oleh pemuda dan tukang emas yahudi dipasar bani Qainuqa, dan dikarenakan sikap bani qainuqa yang menolak piagam madinah.
- 625 M    Pertempuran Uhud, adalah aksi balas dendam kafir quraisy terhadap islam setelah kekalahan mereka di Badar. terjadi pada tanggal 23 maret 625 M.-Pengusiran Bani Nadhir ( salah satu suku yahudi yang tinggal di yastrib jauh sebelum datangnya Islam) mereka diusir atas upaya mereka mengkhianati piagam madinah dengan cara ingin meracuni Nabi Saw.- Perang Zaturiqa, perang anatar kaum muslimin dengan tiga suku arab : Gtahafan, Tsa'lab, dan Bani Muharib. perang ini dimenangkan kaum muslimin.
- 626 M    penyerangan dumatu Al-jandal; suriah.
- 627 M    Pertempuran Khandak - Penyerbuan terhadap bani Quraizah (salah satu dari tiga klan yahudi di madinah,yang mana dua darinya sudah di usir oleh baginda Rasul SAW), karena mereka terbukti berkerjasama dengan Quraisy dan sekutunya ketika perang Khandak dan karena ulah mereka melanggar piagam madinah.
- 628 M    Perjanjian Hudaibiyah- Penaklukan Khaibar ( benteng terakhir kaum yahudi di jazirah arab )
- 629 M    Umrah-Perang Mu'tah antara kaum muslimin dengan byzantium yang dibantu oleh suku-suku arab beragama Nasrani.
- 630 M   Fathu Makkah-Pertempuran Hunain -Pertempuran Autas-Pendudukan Thaif
- 632 M  Peristiwa Tabuk- Haji Wada- Meninggalnya Rasulullah SAW.






No comments: